Makna Lagu “Imagine” – Siapa sih yang ga kenal dengan grup band The Beatles ? Yap , grup band asal Liverpool , Inggris ini adalah band legendaris yang telah menciptakan banyak lagu yang tak lekang oleh waktu. Semua lagu Beatles yang diciptakan pada masanya masih sering diputar dan didengarkan oleh para orang tua dan anak muda hingga saat ini.

Namun sayangnya di tahun 1970 , The Beatles harus dibubarkan karena adanya masalah internal yang terjadi di dalamnya. Sang vokalis , John Lennon , akhirnya memisahkan diri dari Beatles dan memulai karir solonya di tahun 1970.

Sepanjang karir solonya tersebut , Lennon telah menciptakan beberapa album yang salah satunya adalah Imagine. Dalam album tersebut , terciptalah sebuah lagu yang masih kerap kita dengar hingga saat ini yaitu Imagine.

Makna Lagu “Imagine” John Lennon Yang Belum Banyak Diketahui

Kendati demikian , banyak orang yang masih belum mengetahui makna dari lagu Imagine yang cukup kontroversial ini.

Dilansir dari Grunge, Imagine merupakan Manifesto Komunis yang ditulis oleh John Lennon. Liriknya yang berbunyi “Bayangkan tidak ada agama, tidak ada negara, tidak ada politik” dianggap sebagai perwujudan semangat dari kaum komunisme.

John Lennon sendiri mengaku jika dirinya bukanlah seorang komunis. Namun dirinya tidak menepis jika lagu tersebut adalah lagu anti agama, anti nasionalisme, anti konvensional, dan anti kapitalisme.

“Aku bukanlah komunis dan aku tidak bergabung dengan gerakan apapun,” ujarnya.

“Tidak ada komunis sejati di dunia ini, kalian harus sadar itu. Sosialisme yang aku bicarakan tidak sama dengan yang dilakukan orang Rusia, ataupun orang China. Mereka mungkin cocok dengan cara tersebut. Kita, kita harus menerapkan sosialisme yang manis ala British,” ujar John seperti yang dilansir dari NME.

Phil Spector selaku slot online Co-Produser lagu tersebut mengatakan jika lagu Imagine adalah bentuk dari pernyataan politik seorang John Lennon.

John Lennon sendiri mengatakan jika lagu Imagine berawal dari seorang teman bernama Dick Gregory memberikan Ono sebuah buku rohani Kristen. Hal ini yang membuatnya tertarik menulis lagu yang berisi doa.

“Konsepnya adalah doa yang positif. Jika kamu dapat membayangkan dunia yang damai, tanpa uang ataupun agama—bukan tanpa agama, tetapi tanpa pikiran bahwa Tuhnku lebih besar dari Tuhanmu—maka bisa saja ini akan terwujud”.

“Karena lagu ini “diselubungi gula”, jadi dapat diterima… Sekarang, aku tahu apa yang harus aku lakukan, bumbui pesan politismu dengan sedikit madu,” ujar John Lennon.

Nah itulah makna di balik lagu “Imagine” yang diciptakan oleh John Lennon yang didampingi oleh sang istri Yoko Ono. Terlepas dari kontroversinya tersebut , lagu ini menjadi lagu tersukses John Lennon sepanjang karir solonya.

Tag: , , ,

Leave a Reply