“Sebelah mataku yang mampu melihat

Bercak adalah sebuah warna warna mempesona…”

“Membaur suara, dibawahnya kegetiran

Begitu asing terdengar..”

“sebelah mataku yang mempelajari..”

Kutipan lagu di atas merupakan lagu berjudul “Sebelah mata” yang dinyanyikan oleh Efek Rumah Kaca. Lagu ini disebut orang sebagai music indie dimana music indie sendiri terkenal dengan idealism sendiri. Mungkin sebagian dari kita belum tau music indie itu apa? Terutama untuk usia 60an keatas. Indie merupakan singkatan dari kata independent, yang artinya mandiri, bebas dan merdeka. Di dunia music indie berarti melakukan hal sesuai diri sendiri terutama saat melakukan rekaman dan publishing. Indie juga terkenal dalam music yang bergerak dalam segi promosi itu secara mandiri tanpa bantuan dari label rekaman besar.

Music indie juga terkenal dengan menciptakan lagu sesuka mereka, maka tak jarang music indie ini tidak setrend music lainnya. Tetapi di masa kini music indie populer di kalangan anak muda, dimana music indie dibilang dapat menyesuaikan selera dan suasana hati anak muda. Selain itu juga ada beberapa kalangan berpikir bahwa music indie merupakan sebuah genre music, tetapi faktanya music indie ini bukanlah genre ya!.

Uniknya lagi music indie dianggap sebagai folk, metal, dan gaya fashion yang retro. Tetapi arti dari indie inilah yang mencerminkan maksudnya. Independent atau mandiri, bebas, dan lainnya. Jadi, indie bebas untuk melakukan bukan berarti harus seperti anak-anak retro, metal dan lain-lain.

Berbicara tentang music indie. Music indie juga di kait-kaitkan dengan senja. Senja sendiri merupakan fenomena alam yang hampir setiap hari dapat kita nikmati, senja seringkali dinikmati anak muda zaman sekarang. Dimana, music indie di era sekarang sangat cocok dipadukan dengan suasana senja ditambah kopi hangat dan stelan music indie. Pernah ga sih kalian berpikir bahwa kenapa music indie cocok dipadukan dengan kopi hangat? Nah, faktanya kopi sendiri memiliki sebuah energy yang mampu membuat kalian bersemangat, dan minum kopi juga bikin kemampuan otak kita meningkat loh  Maka dari itu kopi suka disandingkan dengan teman nongkrong dalam pembahasan-pembahasan pengetahuan dan sosial.

Selain itu juga, mengapa music indie dikaitkan dengan senja, pasalnya suasana sore menjelang petang memang cocok sambal mendengar music indie, faktanya fenomena alam menuju petang ini mencerminkan sausana hati yang nyaman. Sesuai dengan konsep lagunya memang music indie cocok didengar saat kamu menikmati senjak disore hari.

Nah, kali ini kita kasih rekomendasi salah satu music indie yang cocok kamu padukan dengan kopi hangat dan di waktu senja. seperti efek rumah kaca. Siapa yang tidak tau efek rumah kaca? Terutama anak pecinta music-music indie tentu tau dong. Selain efek rumah kaca, ada Amigdala dengan lagu kukira kau rumah, lalu ada danila dan fourtwnty. Lagu-lagu mereka ini cocok banget dengan karater anak indie zaman sekarang loh. Apalagi, music indie ini dapat juga menemani waktu kalian yang lagi galau. Pasalnya music indie memiliki instrument yang sedikit mellow, tapi makna dari liriknya sangat bagus dan sampai ke para pendengar.

So, seperti itulah music indie di zaman sekarang. Music yang digadang-gadang cocok menemani waktu senja dan minum kopi kamu. Gimana nih kamu jadi suka music indie? Cobain dengerin sambil seduh kopi hangat mu! Hihi!

Tag: , , , ,

Leave a Reply