Pernahkah Anda mendengar lagu yang menjadi backgorund pada sebuah film atau mungkin dalam iklan tetapi tidak mengetahui namanya? Terkadang lagu-lagu itu juga terputar di radio, tetapi tetap saja Anda tidak tahu sebenarnya apa judul dari lagu-lagu tersebut.

Biasanya lagu-lagu yang kita dengarkan itu adalah musik klasik dan memang wajar jika kita kesulitan untuk bisa menemukan lagu tersebut, karena tidak terdapat lirik lagunya.

Berikut ini ada beberapa musik klasik yang sering kita dengar tetapi kesulitan dalam menemukan judul lagunya.

Musik Klasik Familiar

1.Canon D Major – Johann Pachelbel

Sekitar abad 17, Johann PAchelbel mengkomposisikan karya klasiknya, Canon in D Major. Kala itu karya ini sangatlah populer saat Pachelbel masih hidup, tetapi setelah kepergiannya lagu tersebut seakan dilupakan.

Di abad 20-an lagu ini kerap kali digunakan oleh orang-orang gereja, bahkan pada era ini semakin banyak orang yang familiar dengan musik Canon in D Major.

2.Eine Kleine Nachtmusik – W.A. Mozart

Hingga kini Mozart masih dianggap merupakan sosok jenius di dalam musik. Ia memiliki banyak karya legendaris yang hingga kini masih sering kali digunakan, salah satunya adalah Eine Kleine Nachtmusik. Nama asli dari musik klasik satu ini adalah Serenade no.13 for strings in G Major.

Mozart mengerjakan lagu ini ketika ia sedang bekerja pada proyek opera Don Giovanni. Sebabnya musik ini cukup identik dengan pesta dansa. Jika Anda perhatikan dengan seksama, banyak sekali iklan yang ada di televisi menggunakan lagu ini sebagai backsound mereka.

3.FÜR Elise – L.V Beethoven

Bagatelle no.25 in A Minor atau lebih dikenal dengan nama Fur Elise, dalam bahasa inggris ini memiliki arti “For Elise”. Banyak yang memberikan spekulasi mengenai siapakah sosok dari Elise ini. Banyak yang menduga kalau lagu ini ia persembahkan untuk salah satu muridnya yang bernama Theresa Mafatti.

Melodi yang ada di dalam lagu ini memang sangatlah familiar, entah itu untuk Anda yang memang merupakan musisi atau pun untuk yang bukan musisi. Tetapi karena dentingan pianonya yang cukup menyeramkan, kerap kali lagu ini menjadi iringan backsound dalam film horor.

4. Dance of The Sugar Plum Fairy – P.I Tchaikovsky

Jika Anda bukan merupakan penggemar musik klasik tapi suka menonton Barbie, pasti sudah tidak asing dengan musik yang satu ini.  Karya dari P.I Tchaikovsky ini adalah bagian dari pertunjukan balet di tahun 1892, yaitu ‘The Nutcracker”.

Uniknya di era modern ini, lagu satu ini lebih identik dengan suasana natal. Itu karena banyak toko-toko ornamen natal atau acara televisi bertemakan natal yang menggunakan lagu ini.

5. Wedding March – Felix Mandelssohn

Terakhir yang akan kami bahas adalah Wedding March yang merupakan karya dari Felix Mandelssohn. Karyanya ini ia komposisikan pada tahun 1842. Wedding March adalah sebuah incidental music yang dimainkan saat pertunjukan teater A Midsummer Night’s Dream.

Pada era sekarang ini, musik klasik karya Felix MAndelssohn memang sesuai dengan namanya, karena menjadi iringan yang umum digunakan untuk mengiringi pengantin.

Nah, itulah beberapa musik klasik yang sering kali Anda dengarkan tapi mungkin tidak tahu judulnya. Semoga dengan informasi ini bisa membantu Anda menemukan musik yang selama ini sedang dicari-cari.

Jadi dari 5 musik klasik di atas, adakah yang merupakan musik favoritmu?

Leave a Reply